Hama Lalat Buah, [ Pertanian ]

Hama Lalat Buah, [ Pertanian ] - Hallo sahabat Budidaya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Hama Lalat Buah, [ Pertanian ], kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hama, Artikel Hama Penyakit, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Hama Lalat Buah, [ Pertanian ]
link : Hama Lalat Buah, [ Pertanian ]

Baca juga


Hama Lalat Buah, [ Pertanian ]

Lalat Buah (Dacus dorsalia hend, atau bactrocera app.) memiliki sayap transparan dengan panjang 5-7 mm, sementara panjang tubuh 6-8 mm. Bagian perut berwarna cokelat muda dengan garis melintang berwarna cokelat tua. Bagian dada berwarna cokelat tua dengan bercak kuning atau putih.

Tetapi ketika dewasa berwarna kekuning-kuningan, Panjang belatung 1 cm, Telur yang dihasilkan memiliki panjang 1,2 mm dan lebar 0,2 mm, kedua ujungnya runcing, dan bewarna putih.

Lalat Buah menyerang tanaman tomat dengan memasukan telur ke dalam buah menggunakan organ tusuk (ovipositor) hingga kedalaman 5-6 mm. Dalam sekali bertelur bisa menghasilkan 10-15 butir.

Hama Lalat Buah
Didalam buah, telur akan kenetas dalam waktu 30-36 jam dengan suhu 25-30 �C. Karenanya, jika buah dibuak akan nampak belatung berwarna putih.

Biasanya, satu buah diserang oleh lebih dari satu lalat buah, sehingga dalam buah tersebut banyak terisi telur. Bekas luka tusukan pada buah akan memicu tumbuhnya jamur dan bakteri.

Lalat Buah bisa di atasi dengan cara sebagai berikut :

1. Kultur teknis, yakni dengan melakukan pembersihan gulma secara rutin dan memasang umpan yang mengandung feromon.

2. Cara mekanis, yakni dengan memetik sekaligus memusnahkan tanaman yang terserang.

3. Cara hayati, yakni dengan menyebarkan musuh alami lalat buah di lahan tanaman tomat. Musuh alami yang digunakan berupa semut, laba-laba, dan kumbang.

4. Cara kimiawi, yakni dengan menyemprotkan pestisida jenis Insektisida seperti: Curacron 500EC dan Petrogenol 800L dengan dosis sesuai petunjuk dalam kemasan.



Demikianlah Artikel Hama Lalat Buah, [ Pertanian ]

Sekianlah artikel Hama Lalat Buah, [ Pertanian ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Hama Lalat Buah, [ Pertanian ] dengan alamat link https://kebunbudidaya.blogspot.com/2014/10/hama-lalat-buah-pertanian.html

0 Response to "Hama Lalat Buah, [ Pertanian ]"

Posting Komentar