Sistem Pengendalian Hama Kentang ini Sudah Ada Sejak 5000 tahun Lalu, [ KebunBudidaya ]

Sistem Pengendalian Hama Kentang ini Sudah Ada Sejak 5000 tahun Lalu, [ KebunBudidaya ] - Hallo sahabat Budidaya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Sistem Pengendalian Hama Kentang ini Sudah Ada Sejak 5000 tahun Lalu, [ KebunBudidaya ] , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel cara penanganan hama kentang, Artikel hama dan penyakit, Artikel hama kentang, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Sistem Pengendalian Hama Kentang ini Sudah Ada Sejak 5000 tahun Lalu, [ KebunBudidaya ]
link : Sistem Pengendalian Hama Kentang ini Sudah Ada Sejak 5000 tahun Lalu, [ KebunBudidaya ]

Baca juga


Sistem Pengendalian Hama Kentang ini Sudah Ada Sejak 5000 tahun Lalu, [ KebunBudidaya ]



Ternyata pengendalian hama yang efisien lingkungan (eco-efficient) yang jamak di anjurkan saat ini sudah dilakukan ribuan tahun silam. Fakta ini ditemukan oleh sekelompok peneliti dari Pusat Internasional Pertanian Tropis (CIAT).

Soroush Parsa dkk menemukan bahwa sejak 5000 tahun yang lalu, petani di kawasan Pegunungan Andes Tengah di Peru dan Bolivia telah mengendalikan serangan kumbang penggerek kentang Andean dengan menyatukan lahan mereka dengan lahan-lahan pertanian yang luas sehingga menjadi hamparan pertanian yang luas.

Pola ini menyebabkan migrasi kumbang menjadi terhambat. Saat kumbang penggerek yang tidak bisa terbang ingin berpindah ke lahan kentang lainnya, mereka hanya menumpuk disepanjang pinggir kebun.  Hal ini memberikan keuntungan bagi petani, karena kerusakan hanya terjadi di areal pinggir lahan, sedangkan bagian dalam lahan relative aman atau hanya ada kerusakan kecil saja. Semakin luas luas lahan, semakin banyak proporsi lahan yang terlindung dari serangan kumbang.

Saat meneliti sejarah pertanian kentang diwilayah tersebut, Soroush Parsa dkk menemukan bahwa kerusakan tanaman kentang mulai terjadi pada tahun 1900-an yang dimulai saat terjadinya pola pertanian di Andes dari system hamparan yang luas menjadi system perkebunan yang terpecah.

Pola hamparan monokultur ini tentu mendapat banyak tantangan. Pola monokultur dalam skala besar dengan satu varietas tanaman dituding sebagai penyebab meledaknya serangan hama yang berdampak pada peningkatan kebutuhan pestisida. Hal ini dipicu oleh menumpuknya makanan hama disatu tempat pada saat yang bersamaan. Namun kondisi ini tidak terjadi di pertanian kentang masyarakat Andes pada masa lalu, yang terjadi justru sebaliknya. Areal mereka aman.

Serangga merupakan mayoritas dari hama. Karakteristiknya pun bermacam dengan pola serangan yang berbeda. Serangga ada yang bisa berjalan, yang terbang, dan ada yang bisa bserkembang biak beberapa generasi dalam satu musim. Perbedaan karateristik ini perlu diperhitungkan pada saat mencari solusi penanganannya.  �Namun, inilah satu contoh yang jelas mengapa kita harus bekerja atas dasar kasus-per-kasus, dan mengapa kita tidak perlu menyamaratakan cara menghadapi hama, atau mengenai solusi yang diperlukan untuk keberlanjutan dan efisiensi lingkungan. (CIAT/ST/Bp)

sumber gambar: apstemba


Demikianlah Artikel Sistem Pengendalian Hama Kentang ini Sudah Ada Sejak 5000 tahun Lalu, [ KebunBudidaya ]

Sekianlah artikel Sistem Pengendalian Hama Kentang ini Sudah Ada Sejak 5000 tahun Lalu, [ KebunBudidaya ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Sistem Pengendalian Hama Kentang ini Sudah Ada Sejak 5000 tahun Lalu, [ KebunBudidaya ] dengan alamat link https://kebunbudidaya.blogspot.com/2013/09/sistem-pengendalian-hama-kentang-ini.html

0 Response to "Sistem Pengendalian Hama Kentang ini Sudah Ada Sejak 5000 tahun Lalu, [ KebunBudidaya ] "

Posting Komentar