Cara Panen Bunga Mawar yang Benar, [ KebunBudidaya ]

Cara Panen Bunga Mawar yang Benar, [ KebunBudidaya ] - Hallo sahabat Budidaya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Panen Bunga Mawar yang Benar, [ KebunBudidaya ] , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tanaman Bunga, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Panen Bunga Mawar yang Benar, [ KebunBudidaya ]
link : Cara Panen Bunga Mawar yang Benar, [ KebunBudidaya ]

Baca juga


Cara Panen Bunga Mawar yang Benar, [ KebunBudidaya ]

Bagaimana cara panen bunga mawar yang benar? Mawar (Rosa sp) adalah tanaman hias berbunga yang sering dipelihara karena keindahan, keanggunan, dan keharumannya. Berkat kecantikan yang dimilikinya, bunga mawar biasa disebut pula sebagai ratu dari segala jenis bunga. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Meksiko dan dibawa ke Indonesia oleh para pedagang Eropa dan China.

Tanaman mawar umumnya dijadikan sebagai tumbuhan hias untuk menyemarakkan suasana di dalam ruangan. Kelopak bunganya kerap digunakan untuk bunga tabur pada acara ritual keagamaan. Dalam industri kecantikan, mawar kerap diolah menjadi parfum dan bahan baku kecantikan. Beberapa orang juga acap kali memanfaatkan minyak yang terkandung di dalam bunga mawar untuk obat-obatan.

Tanaman mawar yang dikembangbiakkan dari setek batang dan okulasi biasanya dapat dipanen setelah tanaman tersebut berumur sekitar 4-5 bulan. Hal ini sangat dipengaruhi oleh varietas tanaman serta tingkat pertumbuhannya. Tanaman mawar akan terus menghasilkan bunga dengan tingkat produktivitas yang tinggi setidaknya hingga berusia 3-5 tahun. Jika dipelihara secara intensif, tanaman ini akan menghasilkan bunga mawar berkisar antara 120.000-280.000 kuntum/hektar/tahun.

cara-panen-bunga-mawar.jpg

Proses pemanenan bunga mawar dapat disesuaikan menurut peruntukannya. Bunga mawar yang akan dijadikan sebagai bunga potong sebaiknya dipanen ketika kondisinya masih berupa kuntum, belum mekar penuh, dan berukuran normal. Sedangkan bunga mawar yang akan dijadikan bunga tabur harus dipanen pada saat kondisinya sudah mekar secara sempurna.

Alangkah baiknya kalau pemetikan ini dilakukan pada waktu sore hari setelah pukul 4 sehingga suhu udara yang sejuk dapat meminimalisir terjadinya proses penguapan air. Ada dua cara memetik bunga mawar yaitu memotong tepat pada bagian pangkal bunga atau memotong batang dengan menyertakan beberapa daun.

Bunga-bunga mawar yang sudah dipotong ini kemudian diletakkan ke dalam ember yang telah berisi air bersih. Posisikan tangkai bunga sebelah bawah supaya terendam air. Setelah terkumpul cukup banyak, hasil panen bunga mawar ini dipindahkan ke tempat pengumpulan pasca panen.



Demikianlah Artikel Cara Panen Bunga Mawar yang Benar, [ KebunBudidaya ]

Sekianlah artikel Cara Panen Bunga Mawar yang Benar, [ KebunBudidaya ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Panen Bunga Mawar yang Benar, [ KebunBudidaya ] dengan alamat link http://kebunbudidaya.blogspot.com/2016/08/cara-panen-bunga-mawar-yang-benar.html

1 Response to "Cara Panen Bunga Mawar yang Benar, [ KebunBudidaya ] "

  1. kami punya pengalamn di dalam salah satu karya kami untuk itu kami sarankan anda ikuti langkan kami di :klik di bawah ini
    https://faujuladnan.com/cara-merawat-bunga-mawar-agar-cepat-berbunga/
    http://archive.vn/Ftycc

    BalasHapus