Cara Membuat Pupuk Cair Organik sederhana, [ KebunBudidaya ]

Cara Membuat Pupuk Cair Organik sederhana, [ KebunBudidaya ] - Hallo sahabat Budidaya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Membuat Pupuk Cair Organik sederhana, [ KebunBudidaya ] , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel benih pepaya california, Artikel budi daya cabe rawit, Artikel budidaya, Artikel budidaya golden mama 35, Artikel budidaya terong belanda, Artikel penumbuh buah, Artikel Pertanian, Artikel Pupuk Organik Cair, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Membuat Pupuk Cair Organik sederhana, [ KebunBudidaya ]
link : Cara Membuat Pupuk Cair Organik sederhana, [ KebunBudidaya ]

Baca juga


Cara Membuat Pupuk Cair Organik sederhana, [ KebunBudidaya ]

Membuat pupuk organik cair sangat penting, terutama faktor biaya dan produksi akan meningkat. Selain itu penggunaan pupuk organik adalah investasi untuk anda agar bisa lebih berhemat dibanding anda harus selalu membeli pupuk subsidi sendiri. Selain itu membuat pupuk organik cair sendiri juga akan membuat anda lebih mandiri tidak tergantung pada pembelian. Yang perlu anda butuhkan adalah memahami esensi pembuatan pupuk organik cair itu sendiri.

Simak panduan pembuatan pupuk organik cair ala Pakar Budidaya di bawah ini :
Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 1 karung kotoran ayam
  • 1/2 karung dedak
  • 30 kg hijauan (jerami, gedebog pisang, daun leguminosa)
  • 100 gram gula merah
  • 50 ml bioaktivator (EM4)
  • Air bersih secukupnya
Alat-alat yang digunakan :

    membuat-pupuk-cair-organik.jpg
  • Tong plastik kedap udara ukuran 100 liter
  • 1 meter selang aerator transparan diameter 0,5 cm
  • Botol plastik bekas ukuran 1 liter
  • Pisau
Langkah-langkah pembuatan :

  1. Potong bahan-bahan organik menggunakan pisau sampai ukurannya menjadi kecil. Kemudian semua bahan tadi dimasukkan ke dalam tong. Lalu tambahkan air dengan perbandingan 2 bahan organik : 1 air. Setelah itu, aduk bahan-bahan tersebut sampai tercampur secara merata.
  2. Larutkan bioaktivator (EM4) dan gula merah memakai air sebanyak 5 liter sampai terbentuk larutan yang tercampur merata. Selanjutnya larutan ini dimasukkan ke dalam tong yang telah berisi potongan-potongan bahan organik.
  3. Tutup tong tadi sampai rapat. Kemudian masukkan selang melalui tutup tong yang sudah diberi lubang dan jangan lupa rekatkan bagian pinggirannya menggunakan plester hingga tidak ada udara yang dapat memasuki tong. Sedangkan ujung selang yang satunya lagi dimasukkan ke dalam botol yang berisi air. Perlu diketahui, fungsi selang adalah sebagai sarana yang dapat dipaki untuk menyetabilkan suhu bahan organik dengan cara membuang gas yang dihasilkannya dari tong menuju ke botol.
  4. Reaksi bahan-bahan organik tadi menjadi pupuk cair biasanya akan berlangsung selama 7-10 hari. Guna memeriksa tingkat kematangan pupuk cair, Anda bisa membuka penutup tong lalu menghirup udara yang dihasilkannya. Tanda bahwa pupuk telah matang adalah tercium aroma yang menyengat seperti bau tape.
  5. Pemisahan pupuk cair dengan ampasnya bisa dilakukan dengan metode penyaringan menggunakan kain. Jangan buang ampas adonan karena masih dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik padat.
  6. Masukkan carian pupuk organik hasil penyaringan tadi ke dalam botol plastik/kaca yang tertutup rapat. Masa berlaku pupuk ini bisa mencapai 6 bulan apabila dikemas dengan metode yang benar.
  7. Pada prinsipnya, pupuk organik untuk merangsang pertumbuhan daun bisa dibuat memakai bahan baku berupa daun-daunan. Sedangkan pupuk organik perangsang buah dapat dibuat menggunakan bahan sisa limbah buah misalnya kulit buah-buahan dan sekam padi.
 Demikian cara pembuatan pupuk organik cair dengan cara yang mudah semoga dengan membaca artikel ini anda akan mendapatkan pemahaman baru.


Demikianlah Artikel Cara Membuat Pupuk Cair Organik sederhana, [ KebunBudidaya ]

Sekianlah artikel Cara Membuat Pupuk Cair Organik sederhana, [ KebunBudidaya ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Membuat Pupuk Cair Organik sederhana, [ KebunBudidaya ] dengan alamat link http://kebunbudidaya.blogspot.com/2016/08/cara-membuat-pupuk-cair-organik.html

1 Response to "Cara Membuat Pupuk Cair Organik sederhana, [ KebunBudidaya ] "

  1. terima kasih atas postingan artikel ini yg sangat bermanfaat bagi kami petani dalam hal pengetahuan khususnya pupuk dan bisa mengurangi biaya pembelian pupuk...

    BalasHapus