3 Perbedaan Sertani 13 dan Sertani 8, [ KebunBudidaya ]

3 Perbedaan Sertani 13 dan Sertani 8, [ KebunBudidaya ] - Hallo sahabat Budidaya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 3 Perbedaan Sertani 13 dan Sertani 8, [ KebunBudidaya ] , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel bibit unggul, Artikel Sertani 13, Artikel sertani 8, Artikel Surono Danu, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 3 Perbedaan Sertani 13 dan Sertani 8, [ KebunBudidaya ]
link : 3 Perbedaan Sertani 13 dan Sertani 8, [ KebunBudidaya ]

Baca juga


3 Perbedaan Sertani 13 dan Sertani 8, [ KebunBudidaya ]

Sertani adalah salah satu varietas unggul yang ditemukan oleh bapak Surono Danu. Pada postingan sebelumnya sudah saya sampaikan tentang bapak Surono Danu dalam postingan Surono Danu dan Sertani sekarang kita akan membahas tentang Perbedaan antara Sertani 13 dan sertani 8.

3 Perbedaan Sertani 13 dan Sertani 8
sertani 13

Surono Danu yang tinggal di Lampung tengah ini, butuh selama delapan tahun melakukan penelitian dan kawin silang untuk dapat melahirkan bibit varitas unggul Sertani (Serikat Tani Indonesia) 13. Sedikitnya ada 181 bibit varitas unggul lokal dari 370 varitas padi lokal di Indonesia yang diuji coba untuk menghasilkan Sertani 13 selama delapan tahun.

Perbedaan Sertani 13 dan Sertani 8

  1. Sertani 8 memiliki ukuran yang lebih besar dan agak memanjang sedangkan sertani 13 memiliki ukuran yang yang lebih kecil.

    Perbedaan dari ukuran benih ini akan mempengaruhi pertumbuhan dari tanaman padi. Benih sertani 8 yang cenderung lebih besar memanjang begitu juga dengan pertumbuhannya yang lebih besar dan tentunya memakan waktu yang lebih lama.
  2. Tanaman padi yang dihasilkan dari benih sertani 8 memiliki postur yang lebih tinggi dibandingkan dengan sertani 13.

    Misalkan pada saat musim hujan dan berangin ataupun kondisi tanah yang lereng kita bisa memilih benih sertani 13 karena memiliki postur yang pendek untuk menghindari rebah terkena angin pada tanaman padi. Pada saat musim hujan sudah selesai kita bisa mengganti dengan tanaman dengan penggunaan benih sertani 8, dari rotasi tanaman ini memberikan manfaat yaitu dapat menurunkan populasi hama dan penyakit. Karena dengan rotasi tanaman tentu akan memutus rantai dari penyakit tanaman itu sendiri. Selain itu dengan adanya rotasi tanaman dapat meningkatkan kesuburan tanaman.
  3. Sertani 13 memiliki anakan yang lebih banyak sedangkan sertani 8 memiliki malai yang lebih panjang.

    Untuk ukuran produktifitas dari kedua tanaman tersebut sebenarnya memiliki potensi yang tinggi tergantung dari kondisi kesuburan tanah, pemupukan, dan perawatan. Untuk perawatan dan tanaman padi yang baik silahkan baca pada postingan saya sebelumnya di blog ini.
3 Perbedaan Sertani 13 dan Sertani 8
Sertani 8 cantik banget
Sertani 13 juga termasuk tahan terhadap penyakit kresek (Xanthomonas campestris) maupun Blast (Pyricularia oryzae). Apalagi jika sertani ini ditanam menggunakan metode pertanian organik. Ketahanan terhadap hama dan penyakit lebih kuat daripada yang menggunakan urea dan sebagainya.

Silahkan ramaikan grup Facebook dan bergabung bersama dengan petani seluruh Indonesia.




Demikianlah Artikel 3 Perbedaan Sertani 13 dan Sertani 8, [ KebunBudidaya ]

Sekianlah artikel 3 Perbedaan Sertani 13 dan Sertani 8, [ KebunBudidaya ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 3 Perbedaan Sertani 13 dan Sertani 8, [ KebunBudidaya ] dengan alamat link http://kebunbudidaya.blogspot.com/2016/07/3-perbedaan-sertani-13-dan-sertani-8.html

0 Response to "3 Perbedaan Sertani 13 dan Sertani 8, [ KebunBudidaya ] "

Posting Komentar