Kebutuhan Karbohidrat Pada Ikan , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Kebutuhan Karbohidrat Pada Ikan , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] - Hallo sahabat Budidaya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kebutuhan Karbohidrat Pada Ikan , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Nutrisi Ternak, Artikel perikanan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Kebutuhan Karbohidrat Pada Ikan , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]
link : Kebutuhan Karbohidrat Pada Ikan , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Baca juga


Kebutuhan Karbohidrat Pada Ikan , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Karbohidrat merupakan salah satu makro nutrien dan menjadi sumber energi utama pada manusia dan hewan darat. Pada ikan, tingkat pemanfaatan karbohidrat dalam pakan umumnya rendah, terutama ikan karnivora. Hal ini karena terkait oleh keberadaan enzim yang dapat membantu mencerna karbohidrat dalam sistem pencernaannya. Oleh karena itu, ikan karnivora lebih sedikit mengkonsumsi karbohidrat dibandingkan dengan omnivora dan herbivora (Krogdahl, 2005).


SITH (2009) menyebutkan bahwa kebutuhan ikan akan karbohidrat berkisar antara 10-30% bahkan untuk ikan karnivora seperti kerapu kurang dari 10%. Walaupun kebutuhan ikan akan karbohidrat relatif sedikit, tetapi peranan karbohidrat dalam pakan ikan sangat penting bagi kehidupan dan pertumbuhan ikan. NRC (1993) melaporkan bahwa karbohidrat berperan sebagai prekusor untuk keperluan berbagai metabolisme internal yang produknya dibutuhkan untuk pertumbuhan, misalnya asam amino non esensial dan asam nukleat. Kekurangan karbohidrat dalam pakan akan menyebabkan terjadinya tingkat katabolisme protein dan lemak yang tinggi untuk mensuplai kebutuhan energi ikan. Tabel 1 menunjukkan beberapa penggunaan karbohidrat dalam batas yang optimum bagi ikan.

Tabel 1. Kebutuhan optimum karbohidrat dalam pakan untuk pertumbuhan beberapa ikan budidaya
Jenis ikan
Karbohidrat (%)
Sumber karbohidrat
Referensi

Atlantik salmon
Seabream merah
Milkfish
Common carp
Kerapu
Ikan Mas
Aian Sea Bass
6-15
30
35
30-40
<10 o:p="">
20-30
20
20
Starch
Dekstrin
Dekstrin
-
-
-
-
Hemre et. al (1995)*
Koshio (2002)*
Lim et. al (1991)*
Takeuchi (1979)*
SITH (2009)
SITH (2009)
Catacutan dan Coloso (1997)*




Demikianlah Artikel Kebutuhan Karbohidrat Pada Ikan , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Sekianlah artikel Kebutuhan Karbohidrat Pada Ikan , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Kebutuhan Karbohidrat Pada Ikan , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] dengan alamat link https://kebunbudidaya.blogspot.com/2016/03/kebutuhan-karbohidrat-pada-ikan.html

0 Response to "Kebutuhan Karbohidrat Pada Ikan , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] "

Posting Komentar