Cairan Rumen sebagai Sumber Enzim , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Cairan Rumen sebagai Sumber Enzim , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] - Hallo sahabat Budidaya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cairan Rumen sebagai Sumber Enzim , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Rumen, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cairan Rumen sebagai Sumber Enzim , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]
link : Cairan Rumen sebagai Sumber Enzim , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Baca juga


Cairan Rumen sebagai Sumber Enzim , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Perut hewan ruminansia terdiri atas rumen, retikulum, omasum dan abomasum. Rumen diakui sebagai sumber enzim pendegradasi polisakarida. Polisakarida dihidrolisis di rumen disebabkan pengaruh sinergis dan interaksi dari komplek mikro-organisme, terutama selulase dan xilanase (Trinci et al. 1994). Mikroorganisme terdapat pada cairan rumen (liquid phase) dan yang menempel pada digesta rumen. Enzim yang aktif mendegradasi struktural polisakarida hijauan kebanyakan aktif pada mikroorganisme yang menempel pada partikel pakan. Di dalam retikulo rumen terdapat mikrobia rumen yang terdiri atas protozoa dan bekteri yang berfungsi melaksanakan fermentasi untuk mensintesis asam amino, vitamin B-komplek dan vitamin K sebagai sumber zat makanan bagi hewan induk semang (Hungate 1966). Mikroba-mikroba rumen mensekresikan enzim-enzim pencernaan ke dalam cairan rumen untuk membantu mendegradasi partikel makanan. Enzim-enzim tersebut antara lain adalah enzim yang mendegradasi substrat selulosa yaitu selulase, hemiselulosa/xylosa adalah hemiselulase/xylanase, pati adalah amilase, pektin adalah pektinase, lipid/lemak adalah lipase, protein adalah protease dan lain-lain (Kamra 2005).

Aktivitas enzim dalam cairan rumen juga tergantung dari komposisi atau perlakuan makanan (Moharrey and Das 2001). Lee et al. (2002) memetakan enzim-enzim dalam cairan rumen domba. Enzim-enzim yang terdapat dalam cairan rumen domba antara lain adalah enzim-enzim selulolitik terdiri atas beta-D-endoglukanase, beta-D-exoglukanase, beta-D-glukosidase dan beta-D-fucosida fucohydrolase, enzim-enzim xylanolitik terdiri atas beta-D-xylanase, beta-D-xylosidase, acethyl esterase dan alfa-L-arabinofuranosidase, enzim-enzim pektinolitik terdiri atas polygalakturonase, pectate lyase dan pectin lyase, dan enzim-enzim lain yang terdiri atas beta-amilase, endo-arabilase, beta-D-gluanase (laminarinase), beta-D-glucanase (Lichenase), beta-D-glucanase (Pechimanase) dan protease.





Demikianlah Artikel Cairan Rumen sebagai Sumber Enzim , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Sekianlah artikel Cairan Rumen sebagai Sumber Enzim , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cairan Rumen sebagai Sumber Enzim , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] dengan alamat link https://kebunbudidaya.blogspot.com/2016/03/cairan-rumen-sebagai-sumber-enzim.html

0 Response to "Cairan Rumen sebagai Sumber Enzim , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] "

Posting Komentar