Tahap-tahap Proses Keputusan Pembelian Produk Hasil Ternak, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Tahap-tahap Proses Keputusan Pembelian Produk Hasil Ternak, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] - Hallo sahabat Budidaya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tahap-tahap Proses Keputusan Pembelian Produk Hasil Ternak, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Sosial Ekonomi Peternakan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tahap-tahap Proses Keputusan Pembelian Produk Hasil Ternak, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]
link : Tahap-tahap Proses Keputusan Pembelian Produk Hasil Ternak, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Baca juga


Tahap-tahap Proses Keputusan Pembelian Produk Hasil Ternak, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Keputusan konsumen yang dilaksanakan dalam bentuk tindakan membeli muncul melalui tahapan-tahapan tertentu. Ada lima tahap-tahap proses proses keputusan pembelian konsumen menurut Kotler (2002), yaitu: pengenalan kebutuhan. pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku setelah pembelian.

A. Pengenalan Kebutuhan
Awal mula proses pembelian adalah saat pembeli mengenal suatu kebutuhan yang dipicu oleh suatu rangsangan, baik rangsangan internal maupun rangsangan eksternal. Penganalisaan kebutuhan ini ditujukan untuk mengetahui adanya keinginan dan kebutuhan yang belum terpenuhi atau terpuaskan. Sehingga pada hakikatnya tahapan ini bergantung pada berapa banyak ketidaksesuaian antara keadaan yang dihadapi konsumen sekarang dan keadaan yang dinginkan konsumen.

B. Pencarian Informasi
Tahapan ini merupakan tahapan lanjutan setelah konsumen mengenalikebutuhannya. Pada tahapan ini konsumen akan meninjau lingkungannya untuk mendapatkan data yang sesuai untuk membuat keputusan pembelian. Solomon (2006) menyatakan bahwa pencarian informasi dapat dilakukan konsumen dengan dua cara, yaitu :

1. Pencarian internal dan pencarian eksternal
Pencarian internal didapat dari pengetahuan yang tersimpan di dalam ingatan para konsumen atas berbagai produk. Sedangkan pencarian eksternal didapat dari pengumpulan informasi dimana konsumen mendapatkan informasi yang mereka butuhkan melalui iklan, teman, atau orang-orang disekitarnya.

2. Pencarian sengaja dan tidak sengaja (kebetulan)
Pencarian sengaja disebut sebagai pencarian aktif, sedangkan pencarian tidaksengaja merupakan cara yang lebih pasif dalam mendapatkan informasi. Pencarian sengaja merupakan hasil dari pembelajaran konsumen yang didapat pada waktu sebelumnya dimana konsumen, pada saat itu, telah melakukanpencarian informasi yang relevan atas suatu produk atau telah merasakan  beberapa alternatif produk secara langsung. Sementara pencarian tidak
sengaja merupakan hasil dari stimuli iklan dan kegiatan promosi penjualan dari suatu produk yang dilakukan secara terus menerus sehingga orang akan terus mengingat produk tersebut. Dengan orang mengingat suatu produk tertentu, diharapkan, mereka akan membeli produk tersebut jika suatu hari nanti mereka membutuhkannya.

C. Evaluasi Alternatif
Setelah melalui tahap pencarian informasi, maka tahapan selanjutnyaadalah evaluasi alternatif dimana konsumen mengevaluasi berbagai alternatif serta membuat pertimbangan nilai terbaik untuk memenuhi kebutuhan. Kriteria alternatif yang sering digunakan konsumen antara lain harga, kepercayaan akanmerek, negara asal, dan kriteria yang bersifat hedonik (Kotler 1997). Menurut Kotler konsumen melihat setiap produk sebagai satu set atribut dengan kemampuan yang beragam untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Padatahap evaluasi alternatif, konsumen membangun suatu brand beliefs untuk setiap atribut yang ada pada masing-masing merek. Dari brand belief ini konsumen kemudian membentuk brand image atas suatu produk berdasarkan pengalaman konsumen yang telah menggunakan produk tersebut. Umumnya dari brand image itulah konsumen akan mengumpulkan beberapa alternatif produk untukdipertimbangkan dalam proses keputusan pembelian.

D. Keputusan Pembelian
Menurut Solomon (2006) konsumen mempertimbangkan beberapa atribut produk dengan menggunakan aturan yang berbeda, bergantung pada kompleksitasdan kepentingan dari keputusan tersebut bagi mereka. Salah satu cara untuk membedakan aturan tersebut adalah dengan mengelompokkannya ke dalam :

1. Non-compensatory decision rules
Konsumen akan mengeliminasi produk-produk yang tidak sesuai dengan beberapa standar yang ditentukan. Semakin terkenal suatu merek maka akansemakin besar kemungkinan konsumen ini memilih merek tersebut untuk memenuhi kebutuhannya atas suatu kelompok barang.

2. Compensatory decision rules
Konsumen akan lebih melihat suatu produk secara utuh. Ketika kemampuan konsumen dalam mengolah informasi terbatas, biasanya konsumen ini akan lebih memilih produk yang memiliki atribut yang bernilai positif lebih banyak. Namun jika konsumen menghadapi situasi yang lebih rumit, konsumen juga akan mempertimbangkan kepentingan relatif dari atribut bernilai positif serta bobot kepentingan dari merek produk.

E. Perilaku Setelah Pembelian
Tahapan ini merupakan tahapan yang akan membentuk sikap dan keyakinan konsumen akan produk yang dibeli karena konsumen akan mengevaluasi hasil pembeliannya. Apabila konsumen puas, maka akan terbentuksikap dan kepercayaan yang positif atas pembelian selanjutnya, dan sebaliknya. Solomon (2006) menyatakan bahwa kepuasan dari konsumen ini sangat dipengaruhi oleh harapan mereka atas kualitas dari produk yang mereka gunakan.Jika produk dapat memenuhi harapan konsumen, maka pengaruh positif akan diberikan konsumen terhadap produk tersebut, sebaliknya jika produk gagal memenuhi harapan konsumen maka pengaruh negatif akan diberikan konsumenterhadap produk.
Ketika konsumen memberikan pengaruh negatif terhadap produk atau jasa yang mereka konsumsi, itu artinya mereka tidak puas dengan apa yang merekadapatkan. Ketika hal ini terjadi ada kemungkinan tindakan yang akan diambil konsumen, yaitu:
1. Voice response: Konsumen dapat meminta ganti rugi keoada penjual.
2. Private response: Menyatakan ketidakpuasan terhadap produk atau tokokepada teman dan/atau keluarga.
3. Third-party response: Konsumen dapat menuliskan keluhan mereka diKoran atau bahkan mengambil tindakan hukum terhadap penjual.





Demikianlah Artikel Tahap-tahap Proses Keputusan Pembelian Produk Hasil Ternak, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Sekianlah artikel Tahap-tahap Proses Keputusan Pembelian Produk Hasil Ternak, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tahap-tahap Proses Keputusan Pembelian Produk Hasil Ternak, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] dengan alamat link https://kebunbudidaya.blogspot.com/2016/02/tahap-tahap-proses-keputusan-pembelian.html

0 Response to "Tahap-tahap Proses Keputusan Pembelian Produk Hasil Ternak, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] "

Posting Komentar