Penentuan Umur Simpan Produk Hasil Ternak , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Penentuan Umur Simpan Produk Hasil Ternak , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] - Hallo sahabat Budidaya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Penentuan Umur Simpan Produk Hasil Ternak , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Teknologi Hasil Ternak, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Penentuan Umur Simpan Produk Hasil Ternak , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]
link : Penentuan Umur Simpan Produk Hasil Ternak , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Baca juga


Penentuan Umur Simpan Produk Hasil Ternak , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Istilah umur simpan secara umum mengandung pengertian rentang waktu antara saat produk mulai dikemas atau diproduksi sampai dengan mutu produk masih memenuhi syarat untuk dikonsumsi (Hine, 1987). Floros (1993), menyatakan bahwa umur simpan adalah waktu yang diperlukan oleh produk pangan, dalam kondisi penyimpanan, untuk sampai pada suatu level atau tingkatan degradasi mutu tertentu.

Lebih lanjut, Floros (1993) menyatakan umur simpan produk pangan dapat diduga kemudian ditetapkan waktu kadaluwarsanya dengan menggunakan dua konsep studi penyimpanan produk pangan yaitu dengan Extended Storage Studies (ESS) dan Accelerated Shelf Life Testing (ASLT). ESS juga sering disebut sebagai metode konvensional, yaitu penentuan tanggal kadaluwarsa dengan jalan menyimpan suatu produk pada kondisi normal sehari-hari dan dilakukan pengamatan terhadap penurunan mutunya hingga mencapai tingkat mutu kadaluwarsanya. Penentuan umur simpan produk dilakukan dengan mengamati produk selama penyimpanan sampai terjadi perubahan yang tidak dapat lagi diterima oleh konsumen.

Metode ASLT dilakukan dengan memberikan perlakuan terhadap makanan pada lingkungan terkendali dimana satu atau lebih faktor eksternal ditetapkan pada tingkat yang lebih tinggi dari keadaan normal, tingkat kerusakan akan semakin cepat atau terakselerasi, menghasilkan waktu yang lebih singkat hingga produk rusak. Karena efek dari faktor eksternal yang menyebabkan kerusakan dapat diukur, besar akselerasi dapat dihitung dan umur produk sebenarnya di bawah kondisi normal juga dapat dihitung (Robertson, 1993).

Menurut Harte (1987), faktor-faktor yang mempengaruhi umur simpan adalah karakteristik produk yang disimpan, sifat-sifat bahan pengemasnya, dan lingkungan tempat penyimpanan. Sedangkan menurut Syarief dan Halid (1993), suhu merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap perubahan mutu pangan. Dalam menyimpan makanan perlu diperhatikan keadaan suhu ruang penyimpanan. Suhu ruangan yang konstan akan lebih baik dari suhu penyimpanan yang berubah-ubah. Pengaruh suhu pada tingkat reaksi dijelaskan
melalui persamaan Arrhenius (Syarief dan Halid, 1993) :

Sumber :
Floros, J.D dan V. Gnanasekharan. 1993. Shelf Life Prediction of Packaged Foods Chemical, Biological, Physical and Nutrition Aspects. Di dalam Arpah. 2001. Buku dan Monograf Penentuan Kadaluarsa Produk. Program Studi Ilmu Pangan. Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Harte, B. R dan J. I. Gray. 1987. The Influence of Packaging on Product Quality. Di dalam Robertson, G. L. 1993. Food Packaging:Principles and Practise. Marcel Dekker, Inc., USA.
Hine, D. J. 1987. Shelf Life Evaluation. Di dalam Modern Processing Packaging and Distribution System for Food. Blackie, London.
Robertson, G. L. 1993. Food Packaging : Principles and Practise. Marcel Dekker, Inc., USA.
Syarief, Rizal dan Hariyadi Halid. 1993. Teknologi Penyimpanan Pangan. Penerbit Arcan, Jakarta.





Demikianlah Artikel Penentuan Umur Simpan Produk Hasil Ternak , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Sekianlah artikel Penentuan Umur Simpan Produk Hasil Ternak , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Penentuan Umur Simpan Produk Hasil Ternak , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] dengan alamat link https://kebunbudidaya.blogspot.com/2016/02/penentuan-umur-simpan-produk-hasil.html

0 Response to "Penentuan Umur Simpan Produk Hasil Ternak , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] "

Posting Komentar