Major Histocompatibility Complex (MHC), [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Major Histocompatibility Complex (MHC), [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] - Hallo sahabat Budidaya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Major Histocompatibility Complex (MHC), [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Frekuensi Gen, Artikel Reproduksi Ternak, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Major Histocompatibility Complex (MHC), [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]
link : Major Histocompatibility Complex (MHC), [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Baca juga


Major Histocompatibility Complex (MHC), [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Major Histocompatibility Complex (MHC) merupakan kelompok lokus yang terdiri atas kumpulan gen penting (major) yang mengendalikan respon imun (Kuby 1997). MHC dibedakan menjadi tiga kelas gen, yaitu kelas I, II dan III. MHC kelas I berisi beberapa gen yang berperan dalam respon imun selular. MHC kelas II merupakan gabungan gen yang berperan penting dalam respon imun selular dan humoral. MHC kelas III mengandung beberapa gen yang memiliki fungsi luas, berperan dalam pembentukan komponen protein dan sistem komplemen, hanya beberapa diantaranya yang terlibat dalam respon imun (Guillemot et al. 1988).


Respon imun terutama disebabkan oleh adanya aksi limfosit yang dihasilkan dalam sel sumsum tulang. Aksi limfosit dalam sistem kekebalan dipacu oleh adanya antigen. Peranan MHC dalam sistem kekebalan seluler diawali dari masuknya antigen ke dalam tubuh melalui proses up take oleh makrofag yang kemudian memicu limfosit T untuk mematikan sel yang terinfeksi. Sementara itu, dalam sistem kekebalan humoral, MHC berperan dalam membantu pembentukan antibodi oleh limfosit B. Peranan keseluruhan MHC yang berkaitan dengan antigen adalah menentukan kemampuan individu untuk membedakan self dan non-self serta mengatur interaksi fungsi imunitas. Berkaitan dengan peranannya tersebut, MHC disebut immune response associated antigen (Guillemot et al. 1988). Nomenklatur MHC pada setiap hewan berbeda. Diawali dengan singkatan yang merujuk pada jenis hewan dan dilanjutkan dengan huruf L (Limfosit) dan A (Antigen). MHC yang terdapat pada sapi disebut Bovine Lymphocyte Antigen (BoLA) (Lewin et al. 1999).

Sumber

Guillemot F, Auffray C, Orr HT, Strominger JL. 1988. MHC Antigen Genes. Di dalam: Hames BD, Glover DM, editor. Molecular Immunology. Oxford: IRL Press.
Kuby Janis. 1997. Immunology. Third edition. New York: W. H. Freeman and Company.
Lewin HA, Russell GC, Glass E. 1999. Comparative organization and function of the major histocompatibility complex of domesticated cattle. Immunol Rev 167:145-158.




Demikianlah Artikel Major Histocompatibility Complex (MHC), [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Sekianlah artikel Major Histocompatibility Complex (MHC), [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Major Histocompatibility Complex (MHC), [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] dengan alamat link https://kebunbudidaya.blogspot.com/2016/02/major-histocompatibility-complex-mhc.html

0 Response to "Major Histocompatibility Complex (MHC), [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] "

Posting Komentar