Ciri Domba Garut, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Ciri Domba Garut, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] - Hallo sahabat Budidaya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Ciri Domba Garut, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Domba, Artikel Plasma Nutfah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ciri Domba Garut, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]
link : Ciri Domba Garut, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Baca juga


Ciri Domba Garut, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Domba Garut sesuai namanya berasal dari Kabupaten Garut tepatnya di daerah Limbangan, kemudian berkembang dan kini menyebar ke seluruh pelosok Jawa Barat khususnya dan seluruh Indonesia umumnya. Bentuk umum Domba Garut, tubuhnya relatif besar dan berbentuk persegi panjang, bulunya panjang dan kasar, tanduk domba jantan besar dan kuat serta kekar, ini merupakan modal utama dalam seni ketangkasan domba (Dinas Peternakan Jawa Barat, 2005).

Ciri khas Domba Garut yaitu pangkal ekornya kelihatan agak lebar dengan ujung runcing dan pendek, dahi sedikit lebar, kepala pendek dan profil sedikit cembung, mata kecil, tanduk besar dan melingkar ke belakang. Betina tidak bertanduk, telinga bervariasi dari yang pendek sampai yang panjang dan memiliki warna bulu yang beraneka ragam. Domba Garut yang banyak dijumpai memiliki daun telinga rumpung, sedangkan yang memiliki daun telinga panjang disebut dengan Domba Bongkor (Dinas Peternakan Jawa Barat, 2005).

Domba Garut yang baik dapat diperoleh dengan memilih induk dari betina yang kualitasnya sangat bagus, pejantan dari keturunan Domba Garut memiliki performa yang baik pula. Domba Garut merupakan persilangan dari Domba Ekor Gemuk dan Domba Merino yang dibentuk kira-kira pada pertengahan abad ke 19 (�1854) yang dirintis oleh Adipati Limbangan Garut, sekitar 70 tahun kemudian yaitu tahun 1926 Domba Garut telah menunjukan suatu keseragaman. Berat badan domba dapat mencapai 40 sampai 80 kg. Bangsa Domba Garut tergolong jenis domba terbaik, bahkan dalam perdagangannya dan paling cocok serta menarik  perhatian banyak masyarakat, mudah dipelihara oleh petani kecil karena relatif lebih mudah dipelihara (Dinas Peternakan Jawa Barat, 2005).


Dinas Peternakan Jawa Barat. 2005. Profile Domba Garut. (http://www.disnak.jabarprov.go.id/data/arsip/profil_dombagarut.pdf) [15 Juli 2010]


Demikianlah Artikel Ciri Domba Garut, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Sekianlah artikel Ciri Domba Garut, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Ciri Domba Garut, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] dengan alamat link https://kebunbudidaya.blogspot.com/2016/02/ciri-domba-garut-kebunbudidaya.html

0 Response to "Ciri Domba Garut, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] "

Posting Komentar