Cara Menanam Buah Anggur Berbuah Cepat dalam pot, [ KebunBudidaya ]

Cara Menanam Buah Anggur Berbuah Cepat dalam pot, [ KebunBudidaya ] - Hallo sahabat Budidaya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Menanam Buah Anggur Berbuah Cepat dalam pot, [ KebunBudidaya ] , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel cara stek, Artikel Cara stek sambung, Artikel MARI BERKEBUN, Artikel Menanam Anggur, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Menanam Buah Anggur Berbuah Cepat dalam pot, [ KebunBudidaya ]
link : Cara Menanam Buah Anggur Berbuah Cepat dalam pot, [ KebunBudidaya ]

Baca juga


Cara Menanam Buah Anggur Berbuah Cepat dalam pot, [ KebunBudidaya ]

Buah anggur adalah buah primadona yang memiliki rasa yang legendaris. Buah ini memiliki rasa yang manis dan jika disimpan akan memiliki kandungan alkohol yang istimewa. Anggur termasuk buah yang mahal, banyak faktor yang menjadikan anggur menjadi buah mahal diantaranya adalah membawanya membutuhkan perhatian ekstra. Banyak orang yang kesulitan ketika berusaha membudidayakan buah anggur ini. Jika anda salah satunya berarti anda datang ke tempat yang tepat. Karena di sini akan diulas cara menanam buah anggur agar bisa berbuah cepat. Buah anggur bisa saja terhambat pertumbuhannya jika tidak dirawat dengan benar dan tepat. 



Sebelum saya bahas cara menanam anggur agar bisa cepat berbuah, saya sampaikan dulu kendala atau penyebab anggur sulit untuk berbuah.
Cara Menanam Buah Anggur Berbuah Cepat dalam pot
Gambar Hanya pemanis.
  • Umur belum mencukupi
    Untuk penanaman buah yang menggunakan biji tentu membuat tanaman anggur tidak lantas cepat berbuah. Karena usia pertumbuhan yang berasal dari biji lebih lama daripada penanaman pohon anggur menggunakan tekhnik okulasi dan teknik stek sambung.
  • Kurangnya unsur hara atau asupan nutrisi
    Pemeliharaan berupa pupuk organik sebagai sumber nutrisi bagi tanaman anggur sangat mempengaruhi kesuburan tanaman itu sendiri. Unsur hara digunakan sebagai sumber makanan untuk anggur. Anda bisa membayangkan jika ada seseorang kekurangan makanan sampai mengalami kelaparan terus menerus tubuhnya akan seperti apa. Kekayaan sumber nutrisi untuk pohon anggur bisa merangsang pohon anggur berbuah. 
  • Media tanam yang kurang tepat
    Hubungan antara media tanam dan buah pada pohon anggur adalah nutrisi hara untuk perkembangan pohon anggur itu sendiri. Media tanam yang tepat misalkan anda memilih tanah sebagai media tanam, pastikan kandungan unsur hara pada tanah itu adalah sama dengan kandungan pupuk organik yang anda masukkan. Sebagai perbandingan tanah satu ember maka anda berikan pupuk organik juga satu ember. Contoh mudahnya seperti itu, adapun tentang resep pupuk organik dan rahasia kandungannya bisa anda baca pada Langkah Tepat Menanam Tomat.
  • Kurangnya perawatan atau pengairan.
    Air adalah sumber kehidupan, kekurangan dalam penyiraman tanaman sangat berpengaruh pada kesuburan. Terlalu banyak air bisa membinasakan biota tanah sebagai sumber nutrisi. Kekurangan air juga bisa berdampak seperti itu. Siramlah dengan teratur pada pohon anggur anda agar bisa cepat berbuah dan enak dilihat.

Cara Stek Anggur

Pilihlah batang pohon anggur untuk stek batang.
  1. Panjang setek sekitar 20 cm pilih batang yang memiliki 2-3 ruas dan diambil dari pohon induk yang sudah berumur diatas satu  tahun.
  2. Bentuknya bulat berukuran sekitar 1 cm
  3. Kulitnya berwarna cokelat muda dan cerah dengan bagian bawah kulit berwarna hijau, berair dan bebas dari noda-noda hitam
  4. Mata tunas yang sehat berukuran besar dan tampak padat, sedangkan mata tunas yang tidak sehat ukurannya kecil dan ujungnya tampak memutih seperti kapuk.
 Menyemai Batang yang sudah terpilih
  1. Sediakan polybag sesuai jumlah bibit yang disiapkan.
  2. Siapkan media tanam dari campuran Tanah + pupuk kompos + Pasir dengan perbandingan 2 : 1: 1.
  3. Masukan media tanam ke dalam polybag.
  4. Tancapkan stek batang anggur ke dalam polybag, jangan sampai terbalik.
  5. Siram dengan larutan ( Trichoderma + Air + Hormon Organik ).
  6. Letakan di tempat teduh hingga tumbuh tunas dan akar, jangan lupa menyiram setiap sore dengan air.
  7. Jika sudah tumbuh 2 daun penuh, bibit stek siap untuk dipindahkan ke lubang tanam.
 Penanaman Batang Stek
  1. Masukkan seluruh media tanam berupa campuran tanah � pasir � pupuk kompos (1:1:1) ke dalam pot hingga terisi penuh, tanamkan bibit stek pohon Anggur yang siap tanam yang telah dibuat pada bagian tengah-tengah pot. Dan siramlah hingga seluruh media dalam pot basah atau lembab.
  2. Kemudian, buatlah para-para dari kawat besi dengan cara membuatnya seperti jaring-jaring kotak melingkari sisi pot. Anda bisa curahkan untuk membuat para-para. Kreativitas diperlukan, kepuasan setelah membuat nanti akan anda dapatkan.
  3. Siramkan Trichoderma di sekeliling pot, supaya tidak ada jamur yang menggangu pertumbuhan stek.
  4. Setelah usia tanaman di dalam pot mencapai kurang lebih 1 bulan, maka berikan pupuk kompos atau pupuk cair sebagai perawatan. Tabur atau siram di sekeliling tanaman. Proses pemupukan ini dijadwalkan setiap 15 hari sekali.
  5. Saat batang primer dan cabang-cabang sekunder telah melampaui tinggi para-para, maka lakukan pemangkasan dengan menggunakan gunting potong tanaman. Lakukan secara rutin ketika tanaman dalam kondisi yang telah disebutkan tersebut.
Perlu anda perhatikan, jamur sangat rawan tumbuh sedangkan pemupukan dan kelembaban diperlukan maka anda harus mempersiapkan trichoderma sebagai pupuk juga sebagai fungisida.
Untuk persiapan tahap pertama saya cukupkan semoga bermanfaat.





Demikianlah Artikel Cara Menanam Buah Anggur Berbuah Cepat dalam pot, [ KebunBudidaya ]

Sekianlah artikel Cara Menanam Buah Anggur Berbuah Cepat dalam pot, [ KebunBudidaya ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Menanam Buah Anggur Berbuah Cepat dalam pot, [ KebunBudidaya ] dengan alamat link https://kebunbudidaya.blogspot.com/2016/01/cara-menanam-buah-anggur-berbuah-cepat.html

0 Response to "Cara Menanam Buah Anggur Berbuah Cepat dalam pot, [ KebunBudidaya ] "

Posting Komentar