Cara Menentukan Waktu Pengendalian Wereng yang Tepat, [ KebunBudidaya ]

Cara Menentukan Waktu Pengendalian Wereng yang Tepat, [ KebunBudidaya ] - Hallo sahabat Budidaya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Menentukan Waktu Pengendalian Wereng yang Tepat, [ KebunBudidaya ] , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel cara pencegahan wereng, Artikel hama dan penyakit, Artikel pengendalian wereng, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Menentukan Waktu Pengendalian Wereng yang Tepat, [ KebunBudidaya ]
link : Cara Menentukan Waktu Pengendalian Wereng yang Tepat, [ KebunBudidaya ]

Baca juga


Cara Menentukan Waktu Pengendalian Wereng yang Tepat, [ KebunBudidaya ]

Gambar Wereng

Hama wereng pada padi telah menyebabkan puso/kegagalan panen yang sangat merugikan petani. Kegagalan panen ini seringkali diakibatkan oleh ketidaktahuan petani tentang cara pengendalian wereng pada padi yang tepat, termasuk kapan waktu pengendalian wereng yang paling optimal. Karena hama ini memiliki karakteristik yang khas, keterlambatan perlakuan akan mengurangi efektifitas pengendalian dan menyebabkan kegagalan.

Penentuan waktu pengendalian wereng dilakukan dengan menentukan puncak kedatangan wereng imigran. Hal ini dilakukan dengan pemasangan lampu perangkap pada hamparan penanaman padi. Dari wereng yang terperangkap, dihitung dan diamati jumlah wereng terbanyak yang tertangkap setiap malamnya.

Menurut Prof. Baehaki seperti dikutip dari Abdi Tani, disaat terjadi puncak populasi imigran awal, maka hal ini di catat sebagai generasi 0 (G0). Oleh karena itu, pada 25-30 hari kemudian akan menjadi imago wereng generasi ke-1 (G1). Kemudian 25-30 hari berikutnya akan menjadi imago wereng generasi ke-2 (G2), dan 25-30 hari berikutnya akan menjadi imago wereng gererasi ke-3 (G3). Dengan hasil identifikasi seperti itu, maka pengendalian wereng sebaiknya dilakukan pada saat ada imigran makroptera G0 dan saat G1, yaitu nimfa-nimfa yang muncul dari wereng imigran. Baehaki menekankan untuk menuntaskan pengendalian itu pada G1, atau paling lambat hingga G2. Karena, jika pengendalian dilakukan pada G3, maka tidak akan berhasil.

Selain itu pengendalian harus secepatnya dilakukan apabila serangan telah melewati ambang ekonomi wereng, yaitu 4 ekor/rumpun pada fase vegetative dan 7 ekor/rumpun pada fase generative. Puso akan terjadi apabila jumlah wereng telah mencapai 20 ekor/rumpun.

Pengendalian tersebut lebih dianjurkan dengan menggunakan insektisida yang berbahan aktif imidakloprid, fipronil, theametoxan, buprofezin dan insektisida butiran.

Cara penyemprotannya juga harus tepat. Waktu penyemprotan yang terbaik adalah pukul 08.00 hingga menjelang pukul 11.00, setelah air embun mulai hilang dan sebelum terik matahari menyengat. Saat matahari menyengat wereng akan bersembunyi sehingga kesulitan untuk kontak dengan insektisida. Penyemprotan dapat dilanjutkan sore hari. Cara aplikasinya adalah dengan penyemprotan pada pangkal batang padi, tidak hanya dari atas tanaman. Karena wereng biasa menetap pada pangkal batang.

Puncak populasi imigran wereng juga dapat digunakan untuk menentukan waktu persemaian padi yang tepat. Menurut Baehaki, bila datangnya wereng tidak tumpang tindih antar generasi, maka persemaian sebaiknya dilakukan pada 15 hari setelah puncak imigran tersebut tapi jika terjadi tumpang tindih generasi, maka akan terjadi bimodal atau dua puncak. Sehingga waktu persemaiannya lebih baik dilakukan 15 hari setelah puncak imigran ke-2. Waktu persemaian yang tepat membantu menciptakan kondisi yang tidak disukai oleh wereng dengan pembatasan makanan. Tetapi tentu saja pengenalian ini tetap harus dipadukan dengan penanaman serentak dalam satu kawasan agar dapat memutus siklus hidup wereng.

Semoga bermanfaat ?


Demikianlah Artikel Cara Menentukan Waktu Pengendalian Wereng yang Tepat, [ KebunBudidaya ]

Sekianlah artikel Cara Menentukan Waktu Pengendalian Wereng yang Tepat, [ KebunBudidaya ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Menentukan Waktu Pengendalian Wereng yang Tepat, [ KebunBudidaya ] dengan alamat link https://kebunbudidaya.blogspot.com/2014/07/cara-menentukan-waktu-pengendalian.html

0 Response to "Cara Menentukan Waktu Pengendalian Wereng yang Tepat, [ KebunBudidaya ] "

Posting Komentar