Cara Membuat Tauge Kacang Hijau, [ KebunBudidaya ]

Cara Membuat Tauge Kacang Hijau, [ KebunBudidaya ] - Hallo sahabat Budidaya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Membuat Tauge Kacang Hijau, [ KebunBudidaya ] , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pertanian, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Membuat Tauge Kacang Hijau, [ KebunBudidaya ]
link : Cara Membuat Tauge Kacang Hijau, [ KebunBudidaya ]

Baca juga


Cara Membuat Tauge Kacang Hijau, [ KebunBudidaya ]

Bagaimana cara membuat tauge kacang hijau yang gemuk? Tauge adalah kecambah dari kacang-kacangan seperti kacang hijau, kedelai, dan lain-lain. Tauge biasanya dimanfaatkan sebagai bahan pangan karena mempunyai citarasa yang lezat dan mengandung nilai gizi tinggi, terutama vitamin E. Tauge bisa dimakan dalam kondisi mentah ataupun dimasak terlebih dahulu.

Pada dasarnya, proses pembuatan kecambah kacang hijau ini tidak terlalu sulit kok. Kuncinya ialah Anda harus rajin dalam merawat benih-benih kacang hijau tersebut setidaknya selama 5 hari ke depan. Kebanyakan orang memanfaatkan media tanam berupa kapas atau kain basah sebagai media persemaiannya. Namun kali ini, kami akan memakai media yang berbeda sehingga kualitas produksi tauge yang dihasilkannya pun lebih baik.

membuat-tauge-kacang-hijau.jpg

Adapun tahap-tahap pengerjaannya adalah sebagai berikut :

Alat dan Bahan :

  • Kacang hijau
  • Air dingin
  • Saringan
  • Wadah plastik
  • Kain/plastik berwarna hitam
  • Kain lap

Langkah-langkah :

  1. Masukkan air dingin ke dalam wadah plastik secukupnya. Kemudian rendam biji-biji kacang hijau ke dalam air tersebut selama kurang lebih 12 jam.
  2. Setelah proses perendaman rampung, Anda bisa membilas kacang hijau tadi dengan air yang mengalir sampai bersih. Berikutnya tiriskan kacang hijau tersebut menggunakan saringan.
  3. Langkah selanjutnya adalah menyiram kembali kacang hijau yang telah ditiriskan tadi memakai air dingin secukupnya.
  4. Setelah itu, bungkuslah kacang hijau ini menggunakan kain/plastik yang berwarna hitam. Lalu bungkus sekali lagi menggunakan kain lap.
  5. Letakkan bungkusan yang berisi kacang hijau ini di tempat yang lembab. Misalnya seperti di kamar mandi, bawah meja, dan sebagainya.
  6. Agar biji kacang hijau bisa tumbuh menjadi kecambah Anda perlu menyiramnya secara teratur. Frekuensi penyiraman benih kacang hijau yang ideal adalah setiap 4 jam sekali. Hal ini berarti Anda harus menyiram biji kacang hijau tersebut sebanyak 6 kali per hari.
  7. Jika Anda beruntung, biji kacang hijau sudah berubah menjadi tauge yang subur dan gemuk hanya dalam waktu 4 hari saja.
  8. Saatnya untuk melakukan pemanenan. Usahakan tauge yang akan dipanen jangan sampai terkena air karena dapat menyebabkannya cepat membusuk.

Selamat mencoba di rumah!



Demikianlah Artikel Cara Membuat Tauge Kacang Hijau, [ KebunBudidaya ]

Sekianlah artikel Cara Membuat Tauge Kacang Hijau, [ KebunBudidaya ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Membuat Tauge Kacang Hijau, [ KebunBudidaya ] dengan alamat link http://kebunbudidaya.blogspot.com/2016/08/cara-membuat-tauge-kacang-hijau.html

0 Response to "Cara Membuat Tauge Kacang Hijau, [ KebunBudidaya ] "

Posting Komentar