7 Penyakit Pada Tanaman Terong dan Cara Mengatasinya, [ KebunBudidaya ]

7 Penyakit Pada Tanaman Terong dan Cara Mengatasinya, [ KebunBudidaya ] - Hallo sahabat Budidaya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 7 Penyakit Pada Tanaman Terong dan Cara Mengatasinya, [ KebunBudidaya ] , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel budidaya terong belanda, Artikel Cara membuat pupuk organik cair, Artikel jus anggur, Artikel MARI BERKEBUN, Artikel Perkebunan, Artikel Surono Danu, Artikel Tanaman Obat, Artikel varietas, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 7 Penyakit Pada Tanaman Terong dan Cara Mengatasinya, [ KebunBudidaya ]
link : 7 Penyakit Pada Tanaman Terong dan Cara Mengatasinya, [ KebunBudidaya ]

Baca juga


7 Penyakit Pada Tanaman Terong dan Cara Mengatasinya, [ KebunBudidaya ]

Penyakit pada tanaman terong sering menyerang bagian akar, batang, daun, bunga, dan buahnya. Jika tidak segera diatasi dengan jitu, penyakit-penyakit ini dapat menyebarluas sehingga mengakibatkan gagal panen. Oleh karena itulah, deteksi awal dan penanggulangan yang tepat berpengaruh besar terhadap keberhasilan budidaya yang Anda usahakan.

penyakit-tanaman-terong.jpg
Di bawah ini penyakit-penyakit yang dikabarkan sering menjangkiti tanaman terong, antara lain :
  1. Bercak Daun
    Penyakit bercak daun disebabkan oleh cendawan Cercospora sp. Tanda-tandanya yaitu permukaan daun ini diselimuti bercak coklat kehitaman sehingga daun menjadi kering dan layu. Pengendaliannya bisa dilaksanakan secara kimiawi memakai fungisida. Dan untuk pengendalian non kimiawi bisa dilakukan dengan sanitasi kebun dan memilih bibit unggulan.
     
  2. Antraknosa
    Penyebab penyakit antraknosa adalah cendawan Gloesporium melongena. Sehingga pengentasannya pun bisa dikerjakan dengan penyemprotan fungisida, sanitasi kebun, penggunaan bibit unggul, serta penjarangan tanaman. Gejala dari penyakit ini yakni permukaan daun berwarna coklat kehitaman, bentuknya menggulung, dan mengeriting.
     
  3. Busuk Buah
    Cendawan Phytophtora sp merupakan pemicu utama terjadinya penyakit busuk buah pada tanaman terong. Gejalanya ditandai dengan adanya bercak coklat kehitaman pada buah yang kemudian berubah membusuk dan akhirnya berjatuhan. Penyakit bercak buah bisa diatasi menggunakan metode penyemprotan fungisida dan pemusnahan buah-buah yang terserang penyakit ini.
     
  4. Layu Bakteri
    Penyakit layu bakteri ditandai dengan gejala berupa semua bagian tanaman yang mengalami layu secara mendadak hingga akhirnya mati. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Pseudomonas solanacearum. Langkah-langkah untuk membasmi bakteri ini yaitu sanitasi lahan secara menyeluruh dan penerapan bakterisida sesuai petunjuk.
     
  5. Rebai Semai
    Rebai semai ialah penyakit yang menyerang terong pada saat proses persemaian sehingga tanaman tersebut pun mengalami layu, menguning, sampai mati. Penyebab penyakit ini tidak lain adalah cendawan Rhizoctonia solani dan Pythium sp. Untuk mengendalikannya, cobalah memakai bibit yang unggul serta mengerjakan sanitasi kebun secara rutin. Di samping itu, penyakit ini juga bisa ditangani dengan menyemprotkan fungisida yang tepat.
     
  6. Busuk Leher Akar
    Penyakit ini dipicu oleh Sclerotium rolfsii. Gejalanya antara lain membusuknya bagian pangkal tanaman hingga berwarna kecoklat-coklatan. Pengendalian penyakit busuk leher akar dapat dilaksanakan dengan rotasi tanaman, pemusnahan tanaman yang terjangkit, sanitasi kebun, dan pemakaian bibit unggul.
     
  7. Tepung
    Pada tanaman terong, penyakit tepung disebabkan oleh pertumbuhan jamur tepung di permukaan daun tumbuhan. Kemunculan penyakit ini selalu diawali dengan kemunculan bercak-bercak berwarna putih dan bertepung di permukaan daun serta batang muda tanaman. Pada tahap selanjutnya, bercak-bercak ini berubah warna menjadi kekuning-kuningan hingga akhirnya mengering. Pengendalian penyakit tepung yakni pemusnahan tanaman yang terserang, pemberantasan gulma, dan penyemprotan fungisida.
Demikian tujuh penyakit pada terong dan cara mengatasinya. Sedangkan pembuatan pupuk organik cair bisa anda baca pada postingan kami yang lain.
 

Cara membuat pupuk organik cair untuk meningkatkan hasil buah.


Demikianlah Artikel 7 Penyakit Pada Tanaman Terong dan Cara Mengatasinya, [ KebunBudidaya ]

Sekianlah artikel 7 Penyakit Pada Tanaman Terong dan Cara Mengatasinya, [ KebunBudidaya ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 7 Penyakit Pada Tanaman Terong dan Cara Mengatasinya, [ KebunBudidaya ] dengan alamat link http://kebunbudidaya.blogspot.com/2016/08/7-penyakit-pada-tanaman-terong-dan-cara.html

0 Response to "7 Penyakit Pada Tanaman Terong dan Cara Mengatasinya, [ KebunBudidaya ] "

Posting Komentar