Mudahnya Menanam Labu Golden MAMA, [ KebunBudidaya ]

Mudahnya Menanam Labu Golden MAMA, [ KebunBudidaya ] - Hallo sahabat Budidaya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mudahnya Menanam Labu Golden MAMA, [ KebunBudidaya ] , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel budidaya golden mama 35, Artikel cara menanam labu, Artikel labu golden mama, Artikel MARI BERKEBUN, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mudahnya Menanam Labu Golden MAMA, [ KebunBudidaya ]
link : Mudahnya Menanam Labu Golden MAMA, [ KebunBudidaya ]

Baca juga


Mudahnya Menanam Labu Golden MAMA, [ KebunBudidaya ]

Labu parang sering dikenal juga Waluh Kuning (Labu Kuning). Labu adalah salah satu buah yang sangat cocok untuk dibuat sup dan aneka kue dan kolak. Berbagai manfaat Buah Labu Kuning, dilihat dari kandungan nutrisi yang sangat diperlukan tubuh. Varietas tanaman Waluh yang termasuk jenis ini adalah Waluh (Labu) F1 GOLDEN MAMA 35 dan Waluh F1 SUPREMA. Golden Mama adalah Produk dari Bisi International ( Cap Kapal Terbang ) sedangkan Waluh F1 Suprema dan produk East West Seed (Cap Panah Merah ).

Manfaat Buah Labu Golden MAMA

  1. Menjaga kesehatan Pencernaan
    Labu kuning memiliki manfaat untuk menjaga pencernaan agar tetap bisa bekerja dengan baik. Buah labu memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat walaupun tidak bermanfaat secara langsung untuk tubuh seperti protein dan vitamin tetapi Serat yang cukup menjauhkan kita dari sembelit, wasir, kanker kolon dan masalah pencernaan lainnya.

  2. Menjaga Fungsi Pankreas dan Ginjal
    Dengan memakan labu kuning (golden mama) maka fungsi pankreas akan baik dan produksi insulin agar terjaga dengan baik. Selain itu buah tersebut tidak menaikan zat gula darah dalam tubuh sehingga sangat baik untuk mencegah penyakit diabetes. 
    Di samping itu, labu kuning memiliki banyak kandungan antioksidan sehingga dapat mencegah penuaan dini.
  3. Memiliki banyak kandungan Vitamin
    Labu kuning kaya akan kandungan vitamin A, C dan E dan mineral, yang berfungsi untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas. Vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, vitamin C digunakan untuk memperkuat pertahanan tubuh dan vitamin E biasa digunakan untuk menjaga kesehatan kulit dan biasa dikenal sebaga anti aging (mencegah penuaan).

  4. Menjaga Kesehatan Jantung dan otak
    Beta karoten adalah nutrisi yang dapat mencegah penyakit paru-paru serta kanker usus besar. Beta karoten juga baik untuk kesehatan jantung, karena beta karoten sudah dikenal sebagai nutrisi jantung. 
    Bahkan alami labu kuning mengandung omega 3 asam lemak yang sangat baik untuk kesehatan otak.
  5. Biji labu berguna untuk anti kanker.
    Biji buah labu mengandung alkaloid berguna sebagai anti kanker, yang sangat baik untuk mencegah serangan sel kanker. Selain itu, 
    Biji dan kulit labu mangandung magnesium, kalium dan seng yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan. Bahkan lebih lanjut Labu juga sangat bagus untuk membantu melawan hipertensi atau tekanan darah tinggi.
Labu ditanam pada dataran rendah sampai dataran ringgi.Penanaman labu golden mama bisa kamu temukan pada sentra hortikultura di Brastagi di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, banyak petani melirik untuk menanam labu berbobot 1�1,5 kg/buah itu. Bahkan kamu bisa menemukan kampung labu kuning di desa Samiran kecamatan Selo, Boyolali.

Labu kuning ini memerlukan waktu 80 hari untuk siap dipetik, dan tidak memerlukan perawatan khusus, jika kamu adalah seorang petani. Hanya perawatan berkala setiap bulan dengan pupuk organik atau 2 kali pemupukan selama penanaman.

Media tanam yang digunakan pun sangat sederhana yaitu bisa menggunakan karung bekas yang diisi campuran pupuk kandang dan tanah. Golden Mama memerlukan tanah yang subur dan gembur. Walaupun sebenarnya bisa tumbuh di tempat yang tandus, tetapi untuk hasil maksimal pastikan tanah yang dipakai adalah tanah yang subur. 

Labu kuning yang ditanam di tegalan, sawah tadah hujan ataupun pekarangan bisa menggunakan para-para, tetapi ada juga yang dibiarkan tumbuh menjalar dipermukaan tanah.

Tanaman labu parang dapat tumbuh ditempat yang berhawa panas dan dingin. Iklim yang dikehendaki adalah iklim kering. Didaerah yang curah hujanya tinggi sebaiknya ditanam di musim kemarau, tetapi sebaiknya didaerah kering ditanam pada musim penghujan.

Cara Tanam dan Pemeliharaan :
  1. Buat Lubang penanaman dan pemupukan dasar
    Setiap tanaman labu parang membutuhkan satu lubang penanaman dengan diameter 25 cm dan dalamya 20 cm. Setiap lubang tanaman harus diisi dengan pupuk kandang atau kompos sebanyak 5 kg. Kompos atau pupuk kandang itu harus dicampur dengan tanah galian sehingga menjadi gundukan kecil.
  2. Cara bertanam
    Seminggu setelah lubang tanaman itu dibuat, maka disetiap gundukan tanah dan pupuk itu dibenamkan 2 biji bibit labu. Bijii-biji labu itu ditanam, harus ditaburi dengan abu sekam atau dapur. Abu ini berguna sebagai penolak hama bekicot. Pemakaian abu dapur dilakukan sampai tanaman tumbuh setinggi 25 cm saja.
  3. Tunas dan para-para
    Dianjurkan supaya tanaman labu parang itu dirambatkan keturus turus menggunakan para-para yang sangat kuat. Berat labu parang itu sekitar 3-5 kg. Jadi harus disediakan para-para yang benar-benar kuat karena pada setiap tanaman dapat berbuah hingga 10 buah.
    Cara membuat para-para yang kuat
    Pertama lanjarkan bambu dipotong dengan ukuran 2 m.
    Ukuran tersebut dimaksudkan untuk tiang para-para setinggi 1,5 m diatas permukaan tanah dan 0,5 m didalam tanah.
    Lebih mudahnya lagi tinggi tiang disesuaikan dengan tinggi badan hal ini dimaksudkan untuk mempermudah dan pemeliharaan.
    Untuk satu bibit diperlukan empat batang tiang dan satu turus. Setelah empat tiang dipancangkan, kemudian dipasang batang-batang bambu dihubungkan keempat tiang tersebut dan diatas batang bambu tersebut dan dipasang bambu-bambu yang telah dibelah menjadi 2 bagian.
  4. Penyiangan dan pembumbunan tanaman
    Penyiangan rumput perlu dilakukan 2-3 kali yaitu pada waktu tanaman berumur 10 hari, 3 minggu dan 6 minggu.
  5. Pemupukan tanaman
    Kalau tanaman labu dibiarkan tumbuh dan berproduksi lebih dari 6 bulan, maka setiap 3 bulan sekali perlu diberi tambahan pupuk kandang atau kompos sebanyak 5 kg.
  6. Kebutuhan
    Untuk menjaga kelembaban akar, maka dianjurkan untuk menaruh mulsa yang terdiri dari jerami atau rumput kering disekitar tumbuhan labu atau menggunakan mulsa hitam perak. Kalau kelembaban melebihi ukuran dari yang dibutuhkan, maka buah akan berkurang. Sebaliknya daun-daun akan rimbun. Kalau daun- daun terlalu rimbun maka pucuk-pucuk batangnya harus dipotong, dalam praktek diketahui bahwa pemotongan pucuk-pucuk batang adpt memperbaiki pertumbuhan buah. Selain itu diupayakan agar bunga labu parang muadah dilihat kupu-kupu dan lebah agar lebih banyak terjadi penyerbukan dan pembuahan.
Demikian postingan tentang Tanaman Labu Golden Mama.


Demikianlah Artikel Mudahnya Menanam Labu Golden MAMA, [ KebunBudidaya ]

Sekianlah artikel Mudahnya Menanam Labu Golden MAMA, [ KebunBudidaya ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mudahnya Menanam Labu Golden MAMA, [ KebunBudidaya ] dengan alamat link http://kebunbudidaya.blogspot.com/2016/07/mudahnya-menanam-labu-golden-mama.html

0 Response to "Mudahnya Menanam Labu Golden MAMA, [ KebunBudidaya ] "

Posting Komentar