Fodder Jagung Hidroponik: Cara Mudah Memberi Pakan Ternak, [ KebunBudidaya ]

Fodder Jagung Hidroponik: Cara Mudah Memberi Pakan Ternak, [ KebunBudidaya ] - Hallo sahabat Budidaya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Fodder Jagung Hidroponik: Cara Mudah Memberi Pakan Ternak, [ KebunBudidaya ] , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel fodder hidroponik, Artikel Hidroponik, Artikel pakan ternak, Artikel pembuatan pakan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Fodder Jagung Hidroponik: Cara Mudah Memberi Pakan Ternak, [ KebunBudidaya ]
link : Fodder Jagung Hidroponik: Cara Mudah Memberi Pakan Ternak, [ KebunBudidaya ]

Baca juga


Fodder Jagung Hidroponik: Cara Mudah Memberi Pakan Ternak, [ KebunBudidaya ]

Penyediaan pakan ternak seringkali menjadi masalah saat musim kemarau. Teknologi sederhana menggunakan fodder jagung hidroponik ini bisa mejadi alternatif dalam penyediaan pakan ternak. Teknologi yang telah diterapkan di India ini sangat mudah untuk diaplikasikan oleh petani. Hanya dengan lahan seluas 30 m2, seorang petani di India dapat menghasilkan 43 ton fodder jagung hidroponik. Setiap hari, petani tersebut dapat menghasilkan 120 kg fodder jagung. Sebuah akun media sosial Eta Wa menulis cara pembuatannya yang sangat sederhana: 
  1. Siapkan media tampung berupa baki atau nampan atau wadah yang agak besar dan datar ( dapat menggunakan wadah dari bambu yang dasarnya kami lapisi dengan spanduk / banner bekas ).
  2. Untuk ukuran wadahnya besar kecilnya bisa disesuaikan dengan ruangan yang tersedia atau disesuaikan dengan rak nya ataupun disesuaikan dengan kebutuhan pakan hijauan kambing dan dombanya.
  3. Bagian bawah wadah silahkan di lobangi kecil-kecil supaya air tidak menggenang yang nantinya bisa menyebabkan busuk akar.
  4. Siapkan biji jagung, kemudian direndam dalam air biasa selama 12 jam, Misalnya direndam jam 6 sore sampai dengan jam 6 pagi.
  5. Biji jagung yang sudah direndam kemudian ditebar di media, untuk menjaga butiran jagung tetap lembab tutup dengan koran yang dibasahi.
  6. Lakukan penyiraman menggunakan sprayer selama 3 atau 4 jam sekali tergantung cuaca.
  7. Pada hari ke-2 akan mulai muncul tunas kecil, lakukan penyiraman secara rutin, kalau pembuatan foddernya skala besar, baiknya menggunakan timer sprayer sehingga mempermudah penyiraman.
  8. Ketika fodder berumur 10 hari maka, akar jagung sudah tinggi sekitar 2 cm dan berwarna putih bersih.
  9. Pada hari ke 11-14 lakukan pemanenan dengan cara menggulung foddernya dan menyiram air pada akar fodder supaya menghilangkan aroma air yang masih tersisa di bagian akar.
  10. Untuk pemberian pada kambing dan dombanya, potong akar fodder  kecil-kecil sehingga akan memudahkan kambing dan domba memakan semua fodder dari ujung akar sampai dengan ujung daun, jadi tidak ada yang tersisa


Setiap 1 kg jagung menghasilkan kurang lebih 10 kg fodder jagung. Artinya dengan biaya 3000-6000 rupiah, petani dapat menghasilkan 10 kg pakan. 

Semoga bermanfaat.


Sumber gambar dan tulisan: FB Eta Wa


Demikianlah Artikel Fodder Jagung Hidroponik: Cara Mudah Memberi Pakan Ternak, [ KebunBudidaya ]

Sekianlah artikel Fodder Jagung Hidroponik: Cara Mudah Memberi Pakan Ternak, [ KebunBudidaya ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Fodder Jagung Hidroponik: Cara Mudah Memberi Pakan Ternak, [ KebunBudidaya ] dengan alamat link http://kebunbudidaya.blogspot.com/2016/06/fodder-jagung-hidroponik-cara-mudah.html

0 Response to "Fodder Jagung Hidroponik: Cara Mudah Memberi Pakan Ternak, [ KebunBudidaya ] "

Posting Komentar