Klasifikasi dan Karakteristik Ikan Belida , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Klasifikasi dan Karakteristik Ikan Belida , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] - Hallo sahabat Budidaya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Klasifikasi dan Karakteristik Ikan Belida , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ikan Air Tawar, Artikel perikanan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Klasifikasi dan Karakteristik Ikan Belida , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]
link : Klasifikasi dan Karakteristik Ikan Belida , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Baca juga


Klasifikasi dan Karakteristik Ikan Belida , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Klasifikasi ikan belida (Chitala lopis) menurut Bleeker (1851) in www.fishbase.com adalah sebagai berikut :
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Osteoglossiformes
Famili : Notopteridae
Genus : Chitala
Spesies : Chitala lopis (Bleeker 1851)
Sinonim : Notopterus chitala


Nama lokal : Pangaju (Jawa), Lopis (Jawa Barat), Belidah/Blidah (Kalimantan Barat), Pipih (Kalimantan Selatan) (Schuster & Djajadiredja 1952), Belido (Palembang) (www.dkp.go.id)
Nama umum : Giant featherback

Ikan belida merupakan spesies ikan air tawar yang menghuni perairan umum di Indonesia. Ikan belida tergolong ikan purba dengan bentuk tubuh yang unik. Ikan belida menjadi hewan maskot dan bahan utama makanan tradisional masyarakat Sumatera Selatan seperti kerupuk dan empek-empek (Wibowo dan Sunarno 2006).

Ikan belida memiliki bentuk kepala cekung pada bagian yang dekat punggung, rahang semakin panjang sesuai dengan meningkatnya umur, hingga jauh melampui batas belakang mata. Sisik preoperkulum lebih dari 10 baris, 117-127 jari-jari pada sirip dubur, 43-49 pasang duri kecil di sepanjang perut. Pola warna berkisar dari 3 fase yaitu fase maculosus (150-270 mm), seluruh badan ditutupi bintik bulat kecil. Banyak baris miring berbintik-bintik pada sirip dubur dan badan bagian belakang, dan sebuah bintik hitam pada pangkal sirip badan (fase borneensis, 300-600 mm). tidak ada tanda-tanda lain kecuali bintik hitam pada pangkal sirip dada (fase hypselonotus, > 600 mm); beberapa spesimen tidak memiliki tanda-tanda pada badan (fase lopis, kisaran ukuran tidak dikenal) (Kottelat, et al. 1993).

Ikan belida memiliki bentuk tubuh simetri bilateral, kepala kecil dan bungkuk di bagian tengkuk. Sirip ekor langsung bersambungan dengan sirip anal. Mulut dapat disembulkan dengan posisi terminal. Posisi sirip perut terhadap sirip dada abdominal. Sirip dorsal kecil seperti bulu. Tubuh agak licin, bagian atas kehitaman agak kelabu sedangkan bagian bawah keperakan. Garis sisi (linea lateralis) satu buah, lengkap dan tidak terputus (Direktorat Bina Sumberhayati 1990).

Sumber :

Direktorat Bina Sumberhayati. 1990. Identifikasi dan penyebaran beberapa jenis sumberdaya ikan air tawar di perairan umum Indonesia. Direktorat Jenderal Perikanan. Jakarta.
Kottelat MSN, Kartikasari JW, Anthony & Soetikno W. 1993. Freshwater fishes of Western Indonesia and Sulawesi. Periplus Editions Limited Press. 293 hlm.
Schuster WH & Djajadiredja RR. 1952. Local common name of Indonesian fishes. W.Van Hoeve. Bandung. p. 237.
Wibowo A & Sunarno MTD. 2006. Karakteristik habitat ikan belida (Notopterus chitala). Bawal-Widya Riset Perikanan Tangkap. 1(1):19-24.
www.fishbase.com. Chitala lopis. [terhubung berkala]. http://fishbase.com/Summary/speciesSummary.php?ID=8765&genusname=Chitala&speciesname=lopis [24 Feb 2009].




Demikianlah Artikel Klasifikasi dan Karakteristik Ikan Belida , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Sekianlah artikel Klasifikasi dan Karakteristik Ikan Belida , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Klasifikasi dan Karakteristik Ikan Belida , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] dengan alamat link http://kebunbudidaya.blogspot.com/2016/04/klasifikasi-dan-karakteristik-ikan.html

0 Response to "Klasifikasi dan Karakteristik Ikan Belida , [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] "

Posting Komentar