Kadar Amonia Manur, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Kadar Amonia Manur, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] - Hallo sahabat Budidaya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kadar Amonia Manur, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kotoran Ayam, Artikel Kotoran Ternak, Artikel Lingkungan, Artikel Manur, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Kadar Amonia Manur, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]
link : Kadar Amonia Manur, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Baca juga


Kadar Amonia Manur, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Amonia merupakan gas alkali, tidak berwarna, mempunyai daya iritasi yang tinggi, bersifat toksik dan dihasilkan selama proses dekomposisi bahan organik, atau dari reduksi substansi nitrogen oleh bakteri. Amonia dapat larut dalam air dan dapat terserap oleh partikel debu, litter serta oleh mukosa membran pada mata dan saluran pernafasan (Sujono et al.,. 2001). Sumber utama amonia adalah asam urat. Esminger (1992) menyatakan bahwa sebanyak 80% urin berbentuk asam urat dan menurut Muller (1980), kandungan asam urat dari urin ayam dapat mencapai 28-55%. Meskipun demikian, kandungan asam urat pada urin masih dipengruhi oleh faktor lain, diantaranya adalah jenis unggas, nutrisi dan daya dekomposisi dari bakteri di manur. perbandingan antara nitrogen dari feses dengan dari urin pada manur ayam adalah 25:75.


Pembentukan dan pelepasan amonia dalam manur ayam dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain : tipe litter, tata laksana, kelembaban litter, pH litter, suhu kandang, kepadatan kandang, musim dan pengaturan ventilasi kandang (Indarsih, 2001). Kadar amonia dalam konsentrasi tinggi akan mengganggu pekerja kandang, menyebabkan iritasi mata, dan mempengaruhi ayam itu sendiri. Kadar amonia yang tinggi secara terus menerus akan mengurangi aktivitas silia pada saluran pernafasan ayam. Pada ayam petelur, konsentrasi 30 ppm menimbulkan kerugian karena mempengaruhi produksi dan kesehatan ayam. Sementara itu, pada konsentrasi 50 ppm menimbulkan bahaya yang serius, khususnya mempengaruhi pertumbuhan. Secara praktis, konsentrasi amonia dalam kandang harus kurang dari 25 ppm (North dan Bell, 1990).

Sumber :
Ensminger, M. E. 1992. Poultry Science (Animal Agricultural Series). 3rd Ed. Interstate Publishers, Inc. Danville. Illionins.
Indarsih, B. 2001. Ammonia dan kesehatan ayam. Ilmiah Popular. Poultry Indonesia Edisi November: 47-48.
North, M. O. and Bell. 1990. Commercial Chicken Production Manual. 4th Ed. Chapman and Hall. New York.
Sujono, Widarti dan Ramziah. 2001. Pengaruh pemberian feed additive joster HE (High Efficiency) terhadap kadar amonia ekskreta dan retensi nitrogen pada ayam pedaging. Jurnal Protein. 16: 971-976.




Demikianlah Artikel Kadar Amonia Manur, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ]

Sekianlah artikel Kadar Amonia Manur, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Kadar Amonia Manur, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] dengan alamat link http://kebunbudidaya.blogspot.com/2016/04/kadar-amonia-manur-kebunbudidaya.html

0 Response to "Kadar Amonia Manur, [ KebunBudidaya ] , [ KebunBudidaya ] "

Posting Komentar